Kamis, 19 Juli 2012

Pesan Error pada program MYOB/ Error in your MYOB data file


Dalam kesempatan ini saya ingin memposting artikel tentang  troubleshooting yang kerap terjadi didalam pemakaian MYOB  dalam bentuk pesan error. Pesan error yang muncul saat sobat bekerja di dalam MYOB sendiri maupun saat MYOB dihubungkan dengan media lain seperti Microsoft Office, email,printer dll.
Berikut ini pesan error yang sering muncul dan cara mengatasi nya :

An Error – 3000 has occurred
Jika sobat menemukan pesan ‘’ An Error -3000 has occurred ‘’ artinya program MYOB yang sobat jalankan/kerjakan tidak bisa lagi menambah dan merubah data yang sudah ada.
Index 39 atau Others Index Errors
Pesan error  ‘’indexs 39 atau Others Index Errors’’  muncul dikarenakan data yang ada ‘’ corrupt’’ saat  melakukan roll back file, pesan ini akan selalu muncul saat sobat membuka program MYOB. Corrup sebuah data di MYOB disebabkan sobat melakukan shutdown computer saat dimana transaksi masih dalam proses ( record ) atau masih terbuka, hal ini mengakibatkan semua transaksi tidak tersimpan di dalam file dan hanya sebagian yang tersimpan.
Test X of 41 when verying data file
Jenis pesan error ‘’ Test X of 41 when verifying data file ‘’ sering muncul saat sobat melakukan verify data file atau sedang memeriksa kemungkinan kesalahan (error ) selama proses backup.
Untuk mengatasi troubleshooting /pesan error yang sudah saya jelaskan diatas adalah dengan melakukan ‘’Optimise Data File ‘’. Optimisasi adalah salah satu fitur tambahan yang ada di Program MYOB dimana fitur tersebut berfungsi menyusun ulang index ( re index ) data file, saat melakukan proses ini  sobat dapat menemukan kesalahan dan memperbaiki kesalah tersebut di file program MYOB sobat semua. Ok sobat sekarang sudah mengerti pesan error yang sering muncul dan cara mengatasinya dan pasti sobat semua bertanya ‘’Bagaimana melakukan optimasi data file’’  yap cara melakukan ‘’optimasi file data’’ di program MYOB dijelaskan dibawah ini.
Optimise Data File berfungsi menyusun kembali data yang ada ( re-index ) dan juga merupakan proses perampingan data. Langkah –lankah dalam  melakukan Optimise file data :

a. Yakinkan tidak ada seorang pun yang membuka  data yang akan di optimise .
b. Klik menu Star, All Program, MYOB Premier v 9 ( tergantung varian MYOB yang digunakan, penulis menggunakan MYOB premier v 9), MYOB Tools, MYOB Premier v9 Optimisation Assistant.


 





c. Akan muncul form ‘’ Welcome to the MYOB Optimisation Assitant’’ lalu klik Next
d. Selanjutnya klik Find File ( Cari file di directori tempat sobat menyimpan data tersebut ) yang akan di optimise
e. Klik Next dan ikuti perintah selanjutnya

Jika sobat menemukan pesan “ Unable to Compact the Data base, error 230:XXX:XXX:X:X  artinya dalam proses optimise ini ada orang yang masih membuka data optimise tersebut, atau ada lock file yang belum dihapus dari windows explorer
Sekian dulu sobat artikel mengenai  pesan error yang sering muncul di program MYOB ini saya posting dan Insya Allah akan menyusul artikel selanjutnya mengenai Troubleshooting/pesan error  part 2….ditunggu ya….
( jika ada kesalahan dan kekurangan  dalam  penjelasan artikel mohon dikoreksi dan diberi masukan yang membangun, Karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa yaitu ALLAH swt. )

2 komentar:

  1. Makasih informasinya gan..

    CARA MENINGKATKAN TRAFIC BLOG

    HOW TO GET QUALITY BACKLINKS

    BELAJAR BAHASA JEPANG

    BISNIS ONLINE {PPC} BERKOMISI PULSA..
    Gak PERLU PUNYA REKENING BANK..
    MINAT? Gabung DISINI

    BalasHapus
  2. Maaf mr agan bro...oke sama" semoga bermanfaat

    BalasHapus

logo