Dalam
kesempatan ini saya ingin memposting artikel tentang troubleshooting yang kerap terjadi didalam
pemakaian MYOB dalam bentuk pesan error.
Pesan error yang muncul saat sobat bekerja di dalam MYOB sendiri maupun saat
MYOB dihubungkan dengan media lain seperti Microsoft Office, email,printer dll.
Berikut ini pesan error yang sering
muncul dan cara mengatasi nya :
An
Error – 3000 has occurred
Jika sobat menemukan pesan ‘’ An Error -3000 has occurred ‘’
artinya program MYOB yang sobat jalankan/kerjakan tidak bisa lagi menambah dan
merubah data yang sudah ada.
Index
39 atau Others Index Errors
Pesan
error ‘’indexs 39 atau Others Index Errors’’ muncul dikarenakan data yang ada ‘’ corrupt’’ saat melakukan roll back file, pesan ini akan
selalu muncul saat sobat membuka program MYOB. Corrup sebuah data di MYOB
disebabkan sobat melakukan shutdown computer saat dimana transaksi masih dalam
proses ( record ) atau masih terbuka, hal ini mengakibatkan semua transaksi
tidak tersimpan di dalam file dan hanya sebagian yang tersimpan.
Test
X of 41 when verying data file
Jenis pesan error ‘’ Test X of 41 when verifying data file ‘’ sering muncul saat
sobat melakukan verify data file atau sedang memeriksa kemungkinan kesalahan
(error ) selama proses backup.
Untuk
mengatasi troubleshooting /pesan error yang sudah saya jelaskan diatas adalah
dengan melakukan ‘’Optimise Data File ‘’.
Optimisasi adalah salah satu fitur tambahan yang ada di Program MYOB dimana fitur
tersebut berfungsi menyusun ulang index ( re index ) data file, saat melakukan
proses ini sobat dapat menemukan
kesalahan dan memperbaiki kesalah tersebut di file program MYOB sobat semua. Ok
sobat sekarang sudah mengerti pesan error yang sering muncul dan cara
mengatasinya dan pasti sobat semua bertanya ‘’Bagaimana melakukan optimasi data
file’’ yap cara melakukan ‘’optimasi
file data’’ di program MYOB dijelaskan dibawah ini.
Optimise Data File berfungsi menyusun
kembali data yang ada ( re-index ) dan juga merupakan proses perampingan data.
Langkah –lankah dalam melakukan Optimise
file data :
a. Yakinkan tidak ada seorang pun yang
membuka data yang akan di optimise .
b. Klik menu Star, All Program, MYOB
Premier v 9 ( tergantung varian MYOB yang digunakan, penulis menggunakan MYOB
premier v 9), MYOB Tools, MYOB Premier v9 Optimisation Assistant.
c. Akan muncul form ‘’ Welcome to the MYOB
Optimisation Assitant’’ lalu klik Next
d. Selanjutnya klik Find File ( Cari file
di directori tempat sobat menyimpan data tersebut ) yang akan di optimise
e. Klik Next dan ikuti perintah selanjutnya
Jika sobat menemukan pesan “ Unable to
Compact the Data base, error 230:XXX:XXX:X:X
artinya dalam proses optimise ini ada orang yang masih membuka data
optimise tersebut, atau ada lock file yang belum dihapus dari windows explorer
Sekian dulu sobat artikel mengenai pesan error yang sering muncul di program
MYOB ini saya posting dan Insya Allah akan menyusul artikel selanjutnya
mengenai Troubleshooting/pesan error
part 2….ditunggu ya….
(
jika ada kesalahan dan kekurangan
dalam penjelasan artikel mohon
dikoreksi dan diberi masukan yang membangun, Karena kesempurnaan itu hanya
milik Tuhan Yang Maha Esa yaitu ALLAH swt. )
Makasih informasinya gan..
BalasHapusCARA MENINGKATKAN TRAFIC BLOG
HOW TO GET QUALITY BACKLINKS
BELAJAR BAHASA JEPANG
BISNIS ONLINE {PPC} BERKOMISI PULSA..
Gak PERLU PUNYA REKENING BANK..
MINAT? Gabung DISINI
Maaf mr agan bro...oke sama" semoga bermanfaat
BalasHapus